PENGERTIAN VARIABEL DALAM PEMROGRAMAN



Variable sering dijumpai dalam bahasa pemograman variable ini digunakan untuk menyimpan data yang bersifat sementara baik jenis string, integer, array dll. Variable dalam script PHP dinyatakan dengan tanda $ didepan nama variable.
Nama variable dapat berupa huruf, angka maupun garis bawah. Namun dalam penulisannya, variable harus harus diawali dengan huruf atau (_) garis bawah, kemudian diikuti huruf atau angka. Penulisan variable dengan karakter awal angka tidak diperbolehkan. Contoh penulisan variable yang benar adalah :

$data="variable";
$_data="data variable";
$data012="ini data varibale yang ada angkanya";
$nama_belakang="contoh lain penulisan variable";


Pendeklarasian variable selalu diikuti denga suatu nilai variable tersebut, baik nilai variable berupa teks/string, maupun angka. Apabila variable itu belum memiliki nilai, maka tidak perlu dideklarasikan. Perlu diperhatikan bahwa variable bersifat case sensitive, artinya penulisan nama variable membedakan bentuk penulisan antara huruf kecil dan besar.

Pemberian nilai pada suatu variable juga dapat merujuk pada variable yang lain, pemberian nilai referensi ini dinyatakan dengan memberikan tanda & di depan sebuah variable sebagai nilainya.
Perhatikan contoh berikut

<?php
//===================================================================
//Script: Contoh Sederhana Penggunaan Variabel.
//===================================================================

//Data dimasukkan ke dalam Variabel-Variabel.
$nama_depan="Muhammad";
$nama_depan2=&$nama_depan;

?>

Leave a Reply